Hari ini, hari ini banget, entah apa yang terjadi pada mesin atm di indomaret perumahan, transfer ke beda bank aja prosesnya lamaaaaa banget sampe akhirnya di monitor tertera "transaksi dibatalkan... time out...bla bla bla apa gitu deh gw lupa" dan kartu atm keluar sendiri
Gw pikir transfernya emang betulan gagal karena struk bukti transfer juga ga keluar, akhirnya pindah lagi ke atm di indomaret deket situ -__- transfernya berhasil, tertera di monitor "ingin transaksi lain?" gw pilih "tidak" daaaan monitor ga respon lamaaaaaa, berubah warna jadi biru, tertera tulisan "insert your card" dan langsung muncul iklan-iklan BRI
Laaaaaaaaaah, kartu atm gw mana???!!!!! dan mas-mas indomaret di sebelah gw yang lagi nata minuman bilang "wah ketelen tuh mbak" dia coba pancing pake kartu atmnya, katanya biasanya bisa keluar (berarti ini mesin udah biasa nelen kartu kali yaa -___-)
and totally failed, trus aku kudu piye jal? akhirnya daripada telfon call center BRI yang mukadimahnya aja panjang bener ngabisin pulsa doang, gw bela-belain deh ke BRI Unit Bojong Nangka, Tangerang berharap ada bala bantuan dari insiden tadi pagi :(
cs : "ada yang bisa dibantu?"
gw : "kartu atm saya ketelen mbak bla......bla......bla...."
cs : "karena BRI ini bukan tempat mbak membuka rekening, saya gabisa bantu apa2, untuk pemblokiran juga gabisa mbak karena beda kantor"
gw : "trus saya harus gimana?"
cs : "mbak ke kantor polisi bikin surat keterangan atm tertelan, abis itu ke BRI tempat buka rekening untuk pembuatan atm baru dan kena biaya 15rb"
gw : "loh kok seribet itu, saya yakin banget ini bukan human error, saya juga biasa transaksi di situ ga kenapa2"
cs : "memang sudah sistemnya seperti itu, emang mbaknya ngapain tadi di atm?"
gw : "transfer"
cs : "yang masukin kartu atmnya, mbak kan? jadi......???"
SHE BLAMES ME?????!!!!!!!!!
dan akhirnya gw pulang, dan bilang ke orangtua kalo harus ke kantor polisi buat bikin surat keterangan kartu atm tertelan, dan kantor polisi itu jaraknya 9 km dari rumah gw, sedangkan BRI tempat buka rekening jaraknya 7 km dari rumah. Jauh dan gak sejalur!
"Daripada kamu ribet-ribet ke kantor polisi, mending ditutup aja sekalian tabungannya!" kata emak gw
"Eh, tapi nutup Britama itu biaya administrasinya 50rb, belum lagi harus ke BRI tempat buka rekening atau BRI KC yang sama jauhnya, ngisi-ngisi formulir lagi, ga usah ditutup mending tarik aja sampai saldo sisa minimum!" sambung emak gw
dan akhirnya balik lagi ke BRI Unit untuk tarik semua tabungan, anehnya di BRI ini ada batas penarikan di teller karena gw gabisa memperlihatkan kartu atm, lah kan ketelen, jadi maksimal narik 5 juta doang... aneh -__-
dan yang bikin gw kezel lagi, teller satu-satunya di BRI Unit tersebut super judes... judes banget, astaga nagaaaaaa -_____- seriusan gak ada orang yang lebih ramah apa yang mau kerja jadi teller di sini
gw : "mbak saya mau narik sampe batas saldo minimum"
doi : "gabisa, maksimum 5 juta"
gw : "gabisa diabisin mbak?"
doi : "ngga"
(gw diem sebenernya lagi mikir, gw pernah ambil 25 juta tunai di teller teras BRI tanpa harus perlihatkan kartu atm, dan pernah ambil 17 juta tunai di teller BRI KCP Palem Semi dengan perlihatkan buku tabungan + KTP aja, kok di sini cuma bisa ambil maksimal 5 juta? aneh) **maaf gada niat pamer ya**
doi : "jadi ga mbak?"
(buset dah judes banget, ni teller ga pernah diikutin training treat your customers right apa yaa?)
gw : "jadi, oia BRI tempat saya buka rekening kan udah ga ada di tempat biasanya? itu pindah apa gimana?"
doi : "banknya ga mungkin ga ada mbak, pindah! pindahnya saya gaktau"
~amsyooong, judesnya ga ketolongan, boro-boro dijelasin kenapa cuma boleh ambil maksimal 5 juta~
dan gw cek print-an buku tabungan, kok transfer ke bank lain tadi pagi transaksinya 2x? yang pertama katanya transaksi gagal, eh malah kekirim.....duh bayangin seandainya gw ngirimnya puluhan juta, trus ke rekening pedagang online misalnya yang sewaktu-waktu bisa kabur, aihhhhhhhhhhh pait..pait...pait
duh kecewa banget sama perilaku karyawan BRI itu yang seharusnya bisa "Melayani Setulus Hati", akhirnya gw pergi ke BRI KCP Palem Semi untuk tarik tunai, alhamdulillah wa syukurillah.. di sini karyawannya ga pada darah tinggi, bisa ngademin nasabah..
dan di sini gw baru dijelaskan dengan baik bahwa:
- kalau kartu atm tertelan, ga perlu ke kantor polisi, langsung ke BRI tempat buka rekening pertama atau BRI KC, dan tetap bayar 15rb untuk pembuatan kartu atm baru... walaupun atm tertelan mungkin bukan karena human error -___-
- penarikan tunai di teller cukup membawa buku tabungan dan KTP asli, ga perlu kartu atm, dan ga ada batas penarikan kecuali di atas 100 juta lebih baik buat janji terlebih dahulu
- ohyaa makasih mbak mas teller udah beritahu lokasi baru BRI tempat saya buka rekening dulu :)
- ohyaa makasih mbak mas teller udah beritahu lokasi baru BRI tempat saya buka rekening dulu :)
Jadi, ini miscommnya dimana? gw emang gak gitu ngerti teknis perbankan, apa emang peraturan di BRI beda-beda? (tergantung karyawan mana yang udah ditraining dengan benar, atau karyawan mana yang uda tetap sama yang masih outsourcing, mungkin itu oknum outsourcing yang belom diangkat-angkat makanya jadi judes ke customer, atau emang tergantung ngurusnya di KC, KCP atau Kantor Unit -_____-)
yang jelas akhirnya atm ga gw urus, gw ambil semua tabungan sampe sisa batas saldo mengendap 50rb, dan hingga 3 bulan ke depan bakal gw diemin aja supaya rekeningnya non aktif sendiri... sementara ini gw masih cari-cari referensi bank yang lebih baik mungkin dari BRI
sayang banget, bank sebagus BRI harus dinodai oleh oknum-oknum teller atau customer service sampai harus kehilangan nasabahnya.. sayang banget.....
sayang banget, bank sebagus BRI harus dinodai oleh oknum-oknum teller atau customer service sampai harus kehilangan nasabahnya.. sayang banget.....
0 komentar:
Posting Komentar