Rabu, 08 Juni 2011

Teknik Unik Penghijauan

Liburan smester ganjil kemaren, OMPT Canopy UI mengadakan seminar plus pelatihan terarium oleh bapak Y. Tri Haryanto sebagai bidang pelatihan dari Ikatan Alumni Pelatihan Pertamanan (IAPP). Terarium adalah teknik pemeliharaan tumbuhan di dalam wadah kaca.

                                         

Dalam seminar tersebut, bapak Tri menceritakan tentang sejarah singkat munculnya menanam di wadah kaca berawal dari percobaan ahli kimia dan botani asal London, Dr. Nathaniel Ward pada tahun 1827 yang menggunakan botol plastik sebagai wadah pengiriman tanaman antar benua. Sekitar jaman penjajahan di Indonesia, para kolonial memperkenalkan terarium dengan menggunakan bottle garden dan tahun 1990, terarium mulai diminati sebagai langkah penghijauan yang menghasilkan uang jika ditekuni sebagai bisnis.

Menurut IAPP, terarium merupakan solusi terbaik untuk turut serta dalam pemeliharaan lingkungan bagi mereka yang tidak punya cukup lahan. Terarium mampu menjadi pemanis ruangan dengan memberikan kesan teduh dan asri, udara juga dapat menjadi lebih baik karena ada beberapa tanaman yang mampu mengurangi “sick building syndrome”. Jadi tidak memiliki cukup lahan bukan alasan untuk tidak turut serta dalam upaya penghijauan ya!^^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com